Laman

Jumat, 13 Januari 2012

5 Cara/Tips Praktis Untuk Mengatasi Persoalan/Permasalahan Hidup

Ok kawan, kali ini saya mau berbagi tips untuk kalian, yang mempunyai banyak pikiran karena 1 Hal yang pasti tidak akan luput dari hidup kita sehari-hari adalah apa yang disebut dengan "MASALAH" atau persoalan hidup. Dimanapun, kapanpun, dengan siapapun dan apapun yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari kita, pasti selalu saja ada masalah meskipun itu hanya sedikit.
Namun andaikata kalau kita cermati dengan seksama ternyata dengan persoalan yang persis sama, sikap orangpun berbeda-beda. Ada yang begitu panik, goyah, kalut dan stres. Tapi ada pula yang menghadapinya dengan mantap, tenang atau bahkan malah menikmatinya pokoknya ga' kelihatan seperti punya masalah kayak yang hidupnya itu selalu bahagia deh!!!
di bawah ini ada 5 trik/cara praktis mengatasi persoalan hidup:
1. Siap
Siap apa?, siap makan?,siap berantem? atau siap mati?Oh jangan dong kalo siap mati mah, masa mau putus asa sih???Siap disini maksudnya siap menghadapi yang cocok dengan yang diinginkan dan siap menghadapi yang tidak cocok dengan yang tidak diinginkan oleh kalian.
"Sempurnakanlah niat dan ikhtiar, namun hati juga harus disiapkan lho!!!untuk menerima apapun yang terbaik menurut kehendak Allah Swt, meskipun menurut kita itu tidak baik, tapi kan Allah SWT lebih tau, jadi jangan pernah mengeluh atas apa yang Allah tentukan buat kalian yach"

2. Ridho dan Ikhlas dalam menghadapi permasalahan
Siap menghadapi apapun permasalahannya yang akan terjadi dan kalau terjadi maka satu-satunya cara paling awal yang harus dilakukan adalah mengolah hati kalian agar ridho dan  ikhlas dengan kenyataan yang ada.
"Hati harus ridho,ikhlas lilahita'ala menerima apapun kenyataan yang terjadi sambil ikhtiar dan memperbaiki kenyataan pada jalan yang udah diridhoi dan Allah Swt kasih ke kalian"

3. Jangan Mempersulit Diri Kalian ingat Be Your Self!!!
Andaikata kalian ini mau jujur, tapi faktanya kalian ini paling hobi mengarang, mendramatisir dan mempersulit diri.
Beribu-ribu alasan yang kalian buat malah akan mempersulit masalah. Sebagian besar penderitaan yang kalian alami adalah hasil dramatisasi perasaan dan pikiran kalian. Maka dalam menghadapi persoalan apapun jangan hanyut & tenggelam dalam pikiran yang salah. Kita harus tenang, and harus bisa menguasai diri dan renungin janji + jaminan pertolongan dari Allah Swt.Iya kan??? =)

4. Evaluasi Diri
Ketahuilah hidup ini bagai gaung di pegunungan, apa yang kalian bunyikan, suara itu pulalah yang bakal kembali kepada kalian. Artinya segala yang terjadi pada kalian adalah buah dari apa yang udah kalian lakukan,jadi ga' mungkin kan masalah itu datang dengan sendirinya?, masalah itu dibuat oleh manusia dan kalian jangan mau membuat masalahnya aja, kalian juga harus bisa memecahkan masalah kalian itu. Ngerti kan maksud saya??? :)


"Jadikanlah setiap masalah yang terjadi sebagai sarana efektif untuk mengevaluasi dan memperbaiki diri" karena hal itulah yang bisa menjadi keuntungan bagi diri dan pengundang pertolongan Allah Swt.

5. Hanya Allah Swt Satu-satunya Penolong Kalian!!!
Sesungguhnya ga bakal terjadi sesuatu kecuali dengan ijin Allah Swt. Baik itu berupa musibah, ataupun berupa nikmat.
Mati-matian kalian ikhtiar dan meminta bantuan sama siapapun, tanpa ijin -Nya ga' bakal pernah deh terjadi sama apa yang kalian inginkan. Maka sebodoh-bodohnya kalian adalah orang yang paling berharap dan takut kepada selain Allah Swt.

Insya Allah masalah yang ada bakal menjadi jalan pendidikan dan bakal semakin mematangkan diri kalian, mendewasakan, menambah ilmu, meluaskan pengalaman, melipatgandakan pahala dan menjadikan hidup ini lebih bermutu dan terhormat baik itu didunia maupun diakhirat.
Dan tentunya kalian juga harus selalu berdo'a kepada Allah Swt supaya kalian dijauhkan dari berbagai masalah dan diberikan kekuatan oleh Allah Swt apabila mendapat masalah. Amin
 
itulah tips yang saya dapat,silahkan jika mau mencoba =D
Semoga bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar